Jumat, 10 Juni 2011

Menuai Benih Cinta Kasih

Seorang ibu bercerita kepada anaknya tentang bulan, "Anakku, dimalam hari, ada makhluk yang sangat menyeramkan. Dia bulat seperti mata raksasa yang melotot."

Ibu lainnya juga menceritakan tentang bulan kepada anaknya, "Anakku, dimalam hari, ada makhluk yang sangat indah. Dia bulat, besar, dan mengerluarkan cahaya yang menerangi bumi."

Pada suatu malam purnama, kedua anak itu bermain diluar rumah dan muncullah bulan. Anak pertama lari tunggang langgang karena ketakutan, sementara anak kedua berjingkrak-jingkrak kegirangan.

Berilah contoh bagaimana mencintai, jangan beri contoh bagaimana membenci;
Berilah contoh bagaimana berbagi, jangan beri contoh bagaimana mencuri;
Berilah contoh bagaimana merendahkan hati, jangan beri contoh menyombongkan diri.
Contoh adalah pendidikan.


Jika kita mendidik anak-anak kita dengan kebencian, maka anak-anak kita akan melihat dunia dengan mata kebencian; bila kita didik anak kita dengan kacamata cinta kasih, maka mereka akan melihat dunia dengan cinta kasih.

Sumber : Kaya tapi Miskin, karya Mustamir

4 komentar:

  1. subhanallah,, beberapa hari ini jogja juga mendapatkan pemandangan yang menakjubkan ketika malam hari.. bulan :)..

    BalasHapus
  2. Selalu ada hikmah bagi hamba-Nya yang mau berpikir.. :)

    BalasHapus
  3. Renungan yang bagus, Jadi Apapun sesuatu yang sedang kita jalani harus didasari dengan kasih sayang... ^_^

    BalasHapus
  4. beberapa proses yang dilakukan pada saat ini bukan berarti akan langsung mendapat hasilnya saat ini juga. semua membutuhkan proses yang berjalan dengan baik untuk bisa belajar memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. bagaimana mungkin mendapat hasil baik tanpa melewati strukturisasi rangkaian proses. proses merupakan sketsa dari hasil yang diperoleh, bukan hasil akhir, hanya sedikit gambaran hasil akhir,, karena proses tidak ada akhir..

    BalasHapus